Begini Cara Ampuh yang Bisa Digunakan Untuk Mengatasi Rayap Rumahan

Rayap adalah hama yang sering menyerang perabotan dan bangunan yang terbuat dari kayu. Kayu adalah bahan bangunan yang cukup bagus untuk digunakan, terutama untuk eksterior dan interior bangunan. Namun jika tidak dirawat dengan baik tentu kayu bisa menjadi bahan yang cukup bahaya karena bisa lapuk dimakan hama dan jamur. sebelum menjalar kemana-mana sebaiknya Anda memanggil jasa anti rayap 

Itulah mengapa sebelum membangun perabotan atau membangun rumah menggunakan bahan kayu, seharusnya Anda melakukan beberapa cara jitu agar nantinya kayu yang Anda gunakan bisa awet dan terhindar dari serangan hama rayap.

Ada beberapa cara ampuh yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rayap rumahan . Coba simak di bawah ini:

  1. Semprotkan Cairan Anti Rayap

Pertama, Anda bisa menggunakan semprotan khusus hama. Sebaiknya lapisi semua perabotan dan bagian rumah Anda yang terbuat dari kayu dengan cairan ini. 

Cairan bisa terbuat dari minyak tanah atau cairan anti rayap yang Anda beli di toko. Sekarang bahkan sudah ada obat pelapis kayu untuk anti rayap. Anda bisa mendapatkannya di toko bangunan terdekat.

  1. Usahakan Agar Memiliki Cukup Penerangan

Rayap sangat menyukai tempat yang gelap dan lembab. Jadi, jika Anda memiliki ruangan yang tidak terpakai seperti gudang atau kamar lama. Sebaiknya usahakan agar ruangan tersebut memiliki cukup penerangan.

Tentu saja agar ruangan tersebut tidak menjadi tempat tinggal rayap. Biarkan cahaya matahari memasuki ruangan Anda. Dan udara bisa bebas keluar masuk. Sesekali buka ventilasi agar ruangan tidak lembab. Jangan lupa pasang juga lampu di setiap sudutnya.

  1. Merapikan Semua barang

Rayap juga menyukai tempat yang berantakan. Ini adalah tempat tinggal yang sangat strategis. Jadi agar tidak menjadi tempat tinggal rayap, rapikan semua barang yang ada di gudang. 

Anda bisa mulai dengan merapikan buku-buku yang sudah tidak terpakai dalam rak buku. Atau sesekali merapikan baju yang sudah lama dan tidak terpakai. Jangan lupa letakkan kapur barus atau bisa juga kapur ajaib agar rayap tidak berani mendekati barang-barang Anda.

  1. Jangan Lupa Mengecek Barang-barang dan Bangunan

Setelah membereskannya, Anda juga perlu melakukan pengecekan secara rutin mungkin 3 bulan sekali atau lebih. Selain mengecek barang-barang di gudang, Anda juga perlu mengecek bangunan Anda. Terutama bangunan yang terbuat dari kayu.

Jika Anda menemukan lubang pada kayu, ini bisa menjadi tanda bahwa rumah Anda sedang diserang oleh rayap. Selain itu, rayap juga terkadang meninggalkan bekas makanan dan kotorannya yang berupa bulat kecil berwarna kecoklatan seperti pasir. Jika sudah begini, sebaiknya Anda waspada dan segera membasminya dengan cara yang benar.

  1. Memperbaiki Akses Air

Jika Anda memiliki masalah dengan akses air atau perpipaan sebaiknya segera perbaiki. Karena rayap sangat menyukai tempat yang lembab dan pipa yang bocor biasanya menambah kelembaban di dalam ruangan.

Tentu saja ini akan menarik para koloni rayap datang. Jadi perhatikan dengan baik perpipaan di kamar mandi, wastafel, paralon, dan lainnya. Jika Anda mengalami kesulitan, Anda bisa memanggil jasa tukang servis perpipaan. 

Jadi kesimpulannya adalah, agar rumah bisa terhindar dari serangan rayap, Anda harus mulai menjaga kebersihannya dan juga memperhatikan semua penyebab yang menyebabkan datangnya rayap. Anda bisa juga menghubungi jasa anti rayap untuk mengatasi masalah rayap, jika sudah terlanjur menimpa rumah Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *